WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 10 November 2007

RIBUAN UMAT ISLAM BERMUNAJAT AGAR PILGUB KALBAR AMAN DAN DAMAI

Pontianak, 9/11 (ANTARA) - Ribuan Umat Islam baik, laki-laki maupun kaum perempuan, bermunajat atau berdoa di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Jumat, dipimpin Habib Muhsin Ahmad Al-Attas, LC, memohon agar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Barat, 15 November mendatang berjalan aman dan damai.

"Umat Muslim harus berjuang sekuat tenaga baik dengan doa maupun dengan ikhtiar agar Pilgub mendatang terpilih seorang pemimpin yang satu akidah dengan kita," kata Habib Muhsin Ahmad Al-Attas, LC, saat memberikan Tausiah dan Doa Bersama Dalam Rangka Pilgub Kalbar Aman dan Damai.

Ia mengatakan, umat Islam harus bersatu untuk menentukan pilihannya, yaitu memilih pemimpin yang satu akidah. "Meskipun kita terasa berat, untuk memilih salah satu dari calon pemimpin yang akan maju dalam Pilgub mendatang, tetapi kita harus menentukan nasib kita sendiri dan pilihlah yang rendah dampak negatifnya bagi umat Islam," katanya.

Habib Muhsin Ahmad Al-Attas, LC, menjelaskan, kalau sebuah negara atau daerah mayoritas penduduknya berakidah Islam, tetapi dipimpin yang berlainan akidah maka, kehancuran bagi umat Islam.

"Oleh karena itu, mari kita memilih salah satu pemimpin yang satu akidah. Ada rasa ketakutan dan cemas dari umat Islam kalau dipimpin oleh seorang pemimpin tidak seakidah," katanya.

Bersabar, berdoa serta ikhtiar salah satu jalan bagi umat Islam menjelang Pilgub, agar alam demokrasi bisa berjalan dengan aman dan damai.

Ia menilai semua calon yang akan maju dalam Pilgub mendatang sangat jauh dari kriteria yang ditetapkan oleh Allah SWT. "Tetapi kita dihadapkan dalam satu pilihan dan tidak boleh tidak harus memilih, oleh karena itu pilihlah pemimpin yang sedikit berdampak negatif bagi kita," katanya.

Berdasarkan penetapan nomor urut para calon, urut 1, H Usman Ja'far - Laurentius Herman Kadir, urut 2. H Oesman Sapta Odang - Ignatius Lyong, urut 3. HM Akil Mochtar - AR Mecer dan urut 4. Cornelis - Christiandy Sanjaya.

KPU Provinsi Kalbar menetapkan jadwal kampanye untuk empat pasang calon gubernur-wakil gubernur yang akan berlangsung mulai 29 Oktober - 11 Nopember 2007. Daerah kampanye terbagi menjadi empat zona yakni Zona I meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Kemudian Zona II Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas. Zona III meliputi Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak dan Kabupaten Sekadau. Sedangkan Zona IV Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Melawi.

Sementara waktu kampanye terbagi menjadi empat periode yakni 30 Oktober - 1 Nopember, 2 - 4 Nopember, 5 - 7 Nopember, dan 8 - 10 Nopember. Untuk kampanye tanggal 29 Oktober, setiap calon akan diberi kesempatan menyampaikan visi misinya di Gedung DPRD Kalbar.

Kemudian tanggal 11 Nopember kampanye debat publik di media massa.

Berdasarkan hasil cabut undi yang dilakukan masing-masing tim kampanye calon, periode pertama kampanye untuk pasangan nomor urut 1 di Zona I, nomor urut 2 Zona IV, nomor urut III Zona III, dan nomor urut IV Zona IV.

Periode kedua, nomor urut 1 di Zona IV, nomor urut 2 Zona III, nomor urut 3 Zona II, dan nomor urut 4 di Zona I. Kemudian periode ketiga, nomor urut 1 di Zona III, nomor urut 2 di Zona II, nomor urut 3 Zona I, dan nomor urut 4 Zona IV.

Periode terakhir, nomor urut 1 di Zona II, nomor urut 2 Zona I, nomor urut 3 Zona IV, dan nomor urut 4 di Zona III.

Saat ini Jadwal Kampanye, dari empat pasangan calon sudah memasuki putaran terakhir, dan akan berakhir besok, Sabtu (10/11) setelah itu empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan kampanye debat publik yang disiarkan secara langsung oleh TVRI (Televisi Republik Indonesia) dan Radio Republik Indonesia Cabang Pontianak.

Tidak ada komentar: