WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Rabu, 14 November 2007

RIBUAN NAMA MELEBIHI JUMLAH PENDUDUK POTENSIAL PEMILIH DI SUNGAI RAYA

Pontianak, 14/11 (ANTARA) - Sekitar 7.678 nama terdata sebagai pemilih di Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, padahal penduduk yang berusia lebih dari 17 tahun jumlahnya kurang enam ribu orang dalam Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat Periode 2008-2013.

Ketua panitia pemungutan suara (PPS) Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Dimiati Salim, Rabu, mengatakan, banyak warga yang mempertanyakan hak pilih mereka dalam pemilu langsung untuk memilih gubernur di Kalbar itu.

Sesuai mekanisme, data pemilih diserahkan dari pihak RT berupa daftar pemilih sementara lalu ditambah daftar pemilih tambahan sebagai daftar pemilih tetap. Verifikasi menjadi kewajiban meski kemungkinan tidak semua warga mengikuti proses tersebut.

Ia menambahkan, meski sebagian masyarakat protes, namun pihaknya tidak ingin disalahkan karena melanggar aturan yang berlaku. PPS, lanjutnya, hanya akan melayani warga yang telah terdaftar sebagai pemilih tetap. Ia memperkirakan, sekitar 10 persen warga desa itu yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

Sementara Kepala Desa Teluk Kapuas, Tangkir Adenan mengatakan, salah satu korban kerancuan pendataan pemilih adalah dirinya dimana ia terdaftar di dua TPS. Menurut Tangkir, belasan kerabatnya yang menetap di desa itu tidak terdaftar sehingga tidak dapat menggunakan hak suaranya.

Ia juga menemukan kartu pemilih atas nama seseorang yang sudah meninggal dunia beberapa tahun sebelum ini.

Sementara untuk daerah, KPU optimis pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur pada Kamis (15/11) berlangsung lancar. Di Kabupaten Bengkayang misalnya, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Bengkayang, Tarmizi mengatakan, distribusi logistik di kabupaten tersebut sudah 100 persen tertangani. Termasuk untuk desa-desa terpencil yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi darat maupun air kecuali berjalan kaki dan pesawat terbang.

Secara keseluruhan, terdapat 9.654 TPS disiapkan untuk mengakomodir pemilih pada Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Periode 2008-2013 sebanyak 2.925.018 orang.

Pemilu Gubernur Kalbar diikuti empat pasangan calon yakni sesuai nomor urut, satu Usman Ja'far-Laurentius Herman Kadir (pasangan incumbent), dua Oesman Sapta Odang (pengusaha) - Ignatius Lyong (birokrat), tiga Akil Mochtar (anggota DPR RI) - AR Mecer (mantan dosen), empat Cornelis (Bupati Landak) - Christiandy Sanjaya (aktivis pendidikan).

Tidak ada komentar: