WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Minggu, 25 November 2007

POLDA KALBAR SIAGA I PLENO PENETAPAN GUBERNUR TERPILIH


Pontianak, 25/11 (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat masih memberlakukan status Siaga I dalam menghadapi sidang pleno Komisi Pemilihan Umum Provinsi yang akan menetapkan Gubernur Kalbar terpilih periode 2008-2013.

Masih berlakunya Siaga I tersebut -- sejak Kamis (15/11) -- ditunjukkan dengan adanya Apel Siaga yang diikuti hampir seluruh kekuatan di Polda Kalbar, yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Minggu.

Kepala Kepolisian Daerah Kalbar, Brigjen Zainal Abidin Ishak usai apel Siaga di halaman Kantor Gubernur Kalbar, menyatakan pihaknya melakukan upaya preventif dalam mengatasi kerawanan keamanan saat rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan gubernur terpilih.

Dijadwalkan pada Senin (26/11) KPU Provinsi Kalbar akan melakukan rekapitulasi penghitungan suara pemilih calon gubernur - wakil gubernur Kalbar. Kegiatan tersebut disusul dengan pleno penetapan pasangan calon gubernur terpilih pada Selasa.

Kedua kegiatan berlangsung di Gedung DPRD Kalbar di Jl Ahmad Yani, Pontianak.

Karena itu, sebanyak 1650 personel ditambah 350 personel cadangan yang didukung kekuatan TNI Angkatan Darat bersiap siaga di sejumlah titik rawan.

"Kami belum menerima informasi akan adanya ancaman keamanan. Tetapi kami selalu memprediksi setiap ancaman terburuk," Kata Kapolda.

Polisi juga akan bertindak tegas jika menemukan warga masyarakat yang berbuat anarkis.

Sementara mengenai apel siaga yang baru saja digelar, ia menjelaskan, apel siaga yang disusul dengan pawai keliling kota menggunakan kendaraan semisal water canon, mobil patroli dan kendaraan motor bukan untuk unjuk kekuatan, namun memberikan gambaran kepada masyarakat bahwa aparat selalu siap.

"Ini merupakan satu paket dengan kesiapan polda dalam pengamanan pemilihan gubernur," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga berterima kasih kepada masyarakat Kalbar yang telah membantu menciptakan suasana kondusif.

"Karena hingga malam tadi situasi masih kondusif," jelasnya.

Apel siaga polisi dipimpin Kepala Biro Operasi Polda Kalbar Komisaris Besar (Pol) RGD Simangunsong.

Menyertakan kekuatan dari Poltabes Pontianak, Polisi Perairan, Brigade Mobil, termasuk tim Penjinak Bahan Peledak.

Sebanyak 2,9 juta dari 4,9 juta lebih penduduk Kalbar melaksanakan pemungutan suara memilih satu dari empat pasangan calon gubernur Kalbar periode 2008-2013.

Empat pasangan calon tersebut, Usman Ja'far - Laurentius Herman Kadir, Oesman Sapta Odang - Ignatius Lyong, M Akil Mochtar - AR Mecer, Cornelis - Christiandy Sanjaya.

Tidak ada komentar: