WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Rabu, 14 November 2007

PENDATAAN PEMILIH KACAU, PEMPROV KALBAR ENGGAN DISALAHKAN SEPENUHNYA

Pontianak, 15/11 (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat enggan disalahkan sepenuhnya seputar masih banyaknya kekacauan dalam pendataan pemilih pada Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar Periode 2008-2013.

"Pendataan pemilih dilakukan bersama antara pemerintah dan KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Kalbar sebagai pelaksana. Pemerintah juga luas artiannya, termasuk kabupaten/kota," kata Gubernur Kalbar, Usman Ja'far, usai mencoblos di TPS 4 Kelurahan Sungai Bangkong, Pontianak Selatan, Kamis.

Ia mengatakan, sesuai mekanisme yang berlaku, ada tahapan verifikasi dan klarifikasi terhadap nama-nama yang termasuk dalam daftar pemilih sementara.

Menurut dia, meski warga tidak memiliki kartu pemilih, namun ada kebijakan dari KPUD bahwa yang bersangkutan tetap dapat menggunakan hak suaranya dengan menunjukkan identitas diri.

"Yang penting namanya tercantum di daftar pemilih tetap," kata Usman Ja'far yang berpasangan dengan Laurentius Herman Kadir untuk menjadi gubernur dua periode.

Ia juga menilai, beragam kekurangan dalam proses pendataan pemilih seolah-olah telah menjadi kebiasaan pada saat menjelang pemungutan suara.

Kekacauan pendataan pemilih menimbulkan reaksi dari berbagai elemen masyarakat. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Pemuda dan Mahasiswa untuk Keadilan Pemilihan Gubernur (FPMK-Pilgub) Kalimantan Barat, Selasa (13/11), mendatangi kantor KPUD Kalbar, guna meminta kartu pemilih.

Koordinator FPMK-Pilgub Kalbar, Irineus Kadim, mengatakan, sekitar 80 persen pemuda maupun mahasiswa dari berbagai daerah yang bekerja dan melanjutkan pendidikan di berbagai perguruan tinggi di Pontianak, tidak terdaftar sebagai pemilih dalam Pilgub mendatang.

Sementara di Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, terdata 7.678 nama sebagai pemilih, padahal penduduk yang berusia lebih dari 17 tahun jumlahnya kurang enam ribu orang dalam Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat Periode 2008-2013.

Tidak ada komentar: