WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Rabu, 14 November 2007

DELAPAN TPS DI KABUPATEN KETAPANG DIEVAKUASI KARENA BANJIR

Pontianak, 14/11 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang akan mengevakuasi delapan tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Jelai Hulu, Kabupaten Ketapang, yang terkena banjir, Rabu siang.

Ketua KPU Kabupaten Ketapang, Juardani saat dihubungi, Rabu, mengatakan, TPS-TPS tersebut sebelumnya telah disiapkan untuk pemungutan suara yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (15/11). "Tetapi berdasarkan laporan dari polisi di kecamatan, kondisi TPS itu sudah tidak memungkinkan untuk difungsikan sehingga kemungkinan akan dipindahkan," katanya.

Menurut Juardani, sesuai mekanisme, apabila TPS dimaksud sudah ditetapkan maka perlu disepakati seluruh pihak kalau harus dipindahkan. Berdasarkan UU No 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, TPS harus di lokasi yang mudah dijangkau, termasuk oleh penyandang cacat serta menjamin setiap pemilih dapat memberikan suaranya secara langsung, umum, bebas dan rahasia. Jumlah, lokasi, bentuk dan tata letak TPS ditetapkan oleh KPU daerah.

Terkait dengan peristiwa di Jelai Hulu, KPU Kabupaten Ketapang meminta pihak kepolisian untuk berkoordinasi dengan Muspika setempat supaya pemilihan tetap berlangsung tanpa hambatan.

Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kalbar, Nazirin mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari KPU Kabupaten Ketapang mengenai TPS yang terkena banjir di Kecamatan Jelai Hulu. "Untuk teknis pelaksanaannya, KPU Kabupaten Ketapang yang akan mengambil langkah lebih lanjut," katanya.

Secara keseluruhan, terdapat 9.654 TPS disiapkan mengakomodir pemilih pada Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Periode 2008-2013 sebanyak 2.925.018 orang.

Pemilu Gubernur Kalbar diikuti empat pasangan calon yakni sesuai nomor urut, satu Usman Ja'far-Laurentius Herman Kadir (pasangan incumbent), dua Oesman Sapta Odang (pengusaha) - Ignatius Lyong (birokrat), tiga Akil Mochtar (anggota DPR RI) - AR Mecer (mantan dosen), empat Cornelis (Bupati Landak) -

Tidak ada komentar: