WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 20 Oktober 2007

Jadwal Kampanye Ditetapkan Lewat Cabut Undi


Pontianak Post
Sabtu, 20 Oktober 2007


Pontianak,- Penetapan jadwal kampanye Pemilu Gubernur Kalimantan Barat melalui mekanisme cabut undi. Tim kampanye pasangan calon yang mencabutnya dalam rapat pleno di KPU Kalbar.


Menurut Ketua KPU Kalbar, Aida Mokhtar di Pontianak, kampanye secara resmi akan dimulai 29 Oktober dan berakhir pada 12 November mendatang. “Hari pertama kampanye, pasangan calon akan menyampaikan visi misinya di DPRD Kalbar. Hari terakhir, akan digelar debat kandidat di media elektronik,” kata Aida.

KPU Kalbar membagi wilayah kampanye menjadi empat zona. Zona pertama di Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Ketapang, dan Kabupaten Kayong Utara. Zona kedua: Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang. Kemudian zona ketiga: Kabupaten Landak, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Sekadau. Sementara zona keempat: Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Awalnya tim kampanye Cornelis-Christiandy Sanjaya menolak mekanise cabut undi tersebut. Sebab otoritas penetapan jadwal kampanye berada di tangan KPU Kalbar. “Tim kampanye hanya memberi masukan saja,” kata Ketua Tim Kampanye Cornelis-Christiandy, Thomas Alexander.

“KPU sudah menetapkan dalam rapat pleno sebelumnya, kalau mekanisme penetapan jadwal kampanye dilakukan melalui cabut undi,” ujar Aida menjawab penolakan dari tim kampanye salah satu kontestan pilkada tersebut.

Setelah semuanya bersepakat, maka cabut undipun digelar. Proses pencabutan sesuai dengan nomor urut pasangan calon. Tim kampanye Usman Jafar-LH Kadir yang pertama, disusul tim Oesman Sapta-Ignatius Lyong, kemudian tim Akil Mochtar-AR Mecer, ditutup tim Cornelis-Christiandy Sanjaya.

Setiap gulungan kertas memiliki satu huruf yang menandakan zona kampanye: A untuk zona satu, B untuk zona dua, C untuk zona tiga, dan D untuk zona empat. Setiap zona ada tiga hari yang menjadi kesempatan bagi pasangan calon untuk berkampanye. “Semua kandidat diberi kesempatan yang sama untuk berkampanye di zona yang telah ditentukan,” ujar Aida.

Usai tim kampanye mengambil gulungan kertas, secara serempak mereka membukanya. Pasangan UJ-LHK memiliki huruf A yang berarti zona satu, pasangan OSO-Lyong memiliki huruf D yang berarti zona empat, pasangan Akil-Mecer dengan huruf C yang berarti zona tiga, dan pasangan Cornelis-Sanjaya dengan huruf B yang berarti zona dua.

Jadwal kampanye terbuka maupun tertutup sesuai zona akan dimulai 30 Oktober hingga 11 November 2007. Selama masa itu, pasangan calon memanfaatkannya. Diharapkan juga bisa menjaga kondusifitas dengan menggelar kampanye damai. (mnk)

Tidak ada komentar: