WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 27 Oktober 2007

POLDA KALBAR KERAHKAN 6.936 PERSONEL AMANKAN PILGUB

Pontianak, 26/10 (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Kalbar), Brigadir Jenderal (Pol) Zainal Abidin Ishak, di Pontianak, mengatakan, Polda Kalbar mengerahkan 6.936 personel untuk mengamankan tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar, 15 Nopember mendatang.

"Kita tidak main-main dalam pengamanan Pilgub Kalbar, yang sebentar lagi akan mulai dilaksanakan yang dimulai tahapan kampanye, 29 Oktober - 11 Nopember, disusul masa tenang tiga hari, pemungutan suara, penghitungan suara, penetapan pasangan gubernur terpilih, pengesahan hasil pemilu, dan pelantikan gubernur terpilih," kata Zainal Abidin Ishak, seusai Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu Gubernur Kalbar tahun 2007.

Gelar pasukan diikuti oleh Brigade Mobil lengkap dengan pasukan pemukul, Airud, Tim Gegana Polda Kalbar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Hansip yang dilakukan di depan markas Komando Resort Militer 121 Alambhana Wanawwai Pontianak.

"Kita melakukn gelar pasukan untuk mengecek secara langsung kesiapan perorangan, kesiapan kesatuan, kesiapan data maupun kesiapan operasional dalam pengamanan Pilgub mendatang," ujarnya.

Selain mempersiapkan pasukannya, Polda Kalbar juga telah melakukan pertemuan dengan kandidat calon gubernur, tim kampanye, Ketua KPUD Kalbar, Ketua Panwaslu, LSM, wartawan dan tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menciptakn situasi yang kondusif selama pemilu gubernur berlangsung.

Zainal Abidin perpesan kepada personelnya agar segera melakukan identifikasi antisipasi terhadap setiap kerawanan yang sewaktu-waktu bisa muncul, mempersiapkan diri melakukan pengamanan, koordinasi yang baik antarinstansi, memberdayakan seluruh komponen masyarakat, membantu pendistribusian logistik Pemilu gubernur.

"Mulai hari ini saya sudah memerintahkan seluruh Polisi Resort untuk melakukan identifikasi titik-titik rawan gangguan kamtibmas menjelang Pemilu Gubernur Kalbar," kata Zainal Abidin Ishak.

Sementara itu, Ketua KPUD Kalbar, Aida Mochtar, mengatakan, jumlah pemilih untuk Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur periode 2008-2013 sebanyak 2.925.018 orang. Berdasarkan laporan tersebut, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) berkurang dari rencana awal 10.858 unit menjadi 9.654 unit.

Data dari KPU kabupaten/kota berbeda dibanding Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pilkada (DP4) dimana jumlah pemilih sebanyak 2.915.565 orang.

"Kita berharap Pilgub Kalbar bisa berjalan aman dan sukses sehingga proses demokrasi tidak tercoreng akibat ulah segelintir oknum yang tidak ingin melihat Kalbar maju," kata Aida Mochtar. (K-AL/

Tidak ada komentar: