WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 20 Oktober 2007

INCUMBENT CUTI BERGILIRAN SELAMA KAMPANYE PEMILU KALBAR


Pontianak, 22/10 (ANTARA) - Pasangan incumbent, Usman Ja'far dan Laurentius Herman (LH) Kadir, tidak mengajukan cuti penuh selama masa kampanye Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat periode 2008-2013 yang dijadwalkan mulai 29 Oktober mendatang.

Wakil Gubernur Kalbar, LH Kadir di Pontianak, Senin, mengatakan, cuti yang diajukan ke Menteri Dalam Negeri itu waktunya disesuaikan dengan jadwal kampanye.

"Misalnya kalau saya kampanye, Pak Usman (Usman Ja'far -red) tidak cuti. Begitu juga sebaliknya," kata LH Kadir.

Ia mengaku tidak ingat secara pasti jadwal kampanye untuknya, namun salah satunya pada tanggal 29 - 31 Oktober. Menurut LH Kadir, pembatasan masa cuti untuk kampanye dimaksudkan agar tidak terjadi kekosongan di jajaran pimpinan pemerintahan provinsi Kalbar.

Untuk menghindari bias dari pemanfaatan fasilitas negara, saat salah satu di antara mereka tidak kampanye, maka yang bersangkutan akan tetap di kantor.

Sementara Sekretaris Daerah Pemprov Kalbar, Syakirman menambahkan, Menteri Dalam Negeri belum memberikan izin cuti kepada Usman Ja'far dan LH Kadir selama masa kampanye.

"Suratnya sudah diajukan tetapi izin dari Menteri Dalam Negeri belum ada," kata Syakirman. Ia mengatakan, cuti secara bergiliran itu untuk menghindari kevakuman dalam pemerintahan.

Dengan tenggat waktu kampanye tiga minggu, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja pemerintah daerah kalau Gubernur-Wakil Gubernur cuti bersamaan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar menetapkan jadwal kampanye untuk empat pasang calon gubernur-wakil gubernur yang akan berlangsung mulai 29 Oktober - 11 Nopember 2007. Daerah kampanye terbagi menjadi empat zona yakni Zona I meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Pontianak, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara.

Kemudian Zona II Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, dan Kabupaten Sambas. Zona III meliputi Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak dan Kabupaten Sekadau. Sedangkan Zona IV Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Melawi.

Sementara waktu kampanye terbagi menjadi empat periode yakni 30 Oktober - 1 Nopember, 2 - 4 Nopember, 5 - 7 Nopember, dan 8 - 10 Nopember. Untuk kampanye tanggal 29 Oktober, setiap calon akan diberi kesempatan menyampaikan visi misinya di Gedung DPRD Kalbar, Pontianak. Kemudian tanggal 11 Nopember kampanye debat publik di media massa.

Rapat pleno di KPU Kalbar pada Senin (24/9), nomor urut satu untuk pasangan incumbent Usman Ja'far - Laurentius Herman Kadir, kemudian Oesman Sapta Oedang - Ignatius Lyong, Akil Mochtar - Anselmus Robertus Mecer, dan Cornelis - Christiandy Sanjaya.

Berdasarkan hasil cabut undi yang dilakukan masing-masing tim kampanye calon, periode pertama kampanye untuk pasangan nomor urut 1 di Zona I, nomor urut 2 Zona IV, nomor urut III Zona III, dan nomor urut IV Zona IV.

Periode kedua, nomor urut 1 di Zona IV, nomor urut 2 Zona III, nomor urut 3 Zona II, dan nomor urut 4 di Zona I. Kemudian periode ketiga, nomor urut 1 di Zona III, nomor urut 2 di Zona II, nomor urut 3 Zona I, dan nomor urut 4 Zona IV.

Periode terakhir, nomor urut 1 di Zona II, nomor urut 2 Zona I, nomor urut 3 Zona IV, dan nomor urut 4 di Zona III.


(T011/

Tidak ada komentar: