WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Kamis, 25 Oktober 2007

FAPM DAYAK KALBAR USUNG PASANGAN CORNELIS-CHRISTIANDY JELANG PILKADA GUBERNUR KALBAR

Jumat, 2 Februari
Pontianak Post

Pontianak,- Forum Aspirasi Pemuda Mahasiswa (FAPM) Dayak Kalimantan Barat secara tegas mengusung pasangan Cornelis-Christiandy Sanjaya berkompetisi maju dalam pelaksanaan pilkada Gubernur Kalbar yang dihelat pertengahan November 2007.

Sekretaris FAPM Dayak Kalbar Edy Alex Serayox mengatakan, Dayak dan Tionghoa merupakan bagian dari masyarakat Kalbar yang harus berpartisipasi aktif dalam pembangunan di berbagai sektor. "Momentum pilkada haruslah direspon dan dimanfaatkan oleh masyarakat Dayak dan Tionghoa untuk ikut berperan serta," kata Edy di Pontianak, Kamis (2/1).

Menurut dia, keduanya adalah tokoh terbaik dari masyarakat Dayak dan Tionghoa yang memiliki peluang untuk ikut dalam suksesi kepemimpinan Kalbar mendatang. "Sebagai ketua partai politik, Cornelis memiliki dukungan politik dari masyarakat," kata Edy.

Tak hanya itu, sebagai birokrat dan politisi yang sudah teruji dan berpengalaman pada saat memimpin Kabupaten Landak yang kondisi sumber daya alamnya minim, konidisi sosial masyarakat yang keras.

"Sebagai putra daerah, Cornelis sangat mengerti karakteristik budaya masyarakat Dayak, Melayu, Tionghoa sehingga pemahaman serta penghayatan dalam menjawab hambatan, tantangan dan ancaman pembangunan Kalbar di era globalisasi dan pemekaran daerah ke depan dapat di atasi sebaik-baiknya," paparnya.

Edy juga berpendapat Cornelis merupakan calon gubernur yang bebas dari tuntutan masalah hukum. Berpasangan dengan Christiandy Sanjaya, yang merupakan presentasi masyarakat Tionghoa telah memosisikan keadaan power sharing yang adil karena Ketua DPRD Kalbar dan Sekda Kalbar berasal dari kalangan masyarakat Melayu.

Ia menilai Christiandy Sanjaya adalah satu-satunya tokoh masyarakat Tionghoa yang didukung masyarakat luas. Christiandy juga salah satu mantan anggota DPRD Kota Pontianak yang bersih dan bebas dari isu skandal keuangan daerah. "Selaku pendidik, Christiandy Sanjaya merupakan figur yang diharapkan bisa memperbaiki sistem pendidikan di Kalbar," katanya.

Edy menambahkan, sejumlah kriteria yang dimiliki pasangan calon tersebut diyakini mampu membawa masyarakat Kalbar dalam kondisi aman, sejahtera, dan bermartabat. (mnk/

3 komentar:

tuahpratama mengatakan...

SELAYAKNYA CORNELIS CRISTIADY DIDUKUNG KARENA MEREKA PANTAS UNTUK ITU, DAN SEMUA WARGA NEGARA SUKU APAPUN DIA DAN AGAMA APAPUN DIA MEMPUNYAI HAK YANG SAMA UNTUK BERPERAN SERTA MEMBANGUN DAERAHNYA, SELAMA INI MASYARAKAT DAYAK DAN TIONGHUA BELUM DIBERI KESEMPATAN UNTUK MEMIMPIN DAERAHNYA SEBAGAI GUBERNUR KAL-BAR, SELAYAKNYA MASYARAKAT LAINNYA MENDUKUNG PASANGAN INI GUNA TERCIPTANYA RASA KEADILAN YANG HAKIKI, BAGI SELURUH ANAK BANGSA DI KALIMANTAN BARAT KARENA SEMUA MERASA DILIBATKAN MEMBANGUN DAERAHNYA.

FROM MICHELL EKO HARDIAN, SH
KETUA FORUM KOMUNIKASI KAMANG TARIU KAB. MELAWI

Borneoman mengatakan...

secara pribadi, mungkin masyarakat masih akan terkooptasi oleh primordialisme.hal yang walaupun bertentangan dengan asas demokrasi tetapi nyata terjadi di daerah ini. selain itu, kepentingan politis dan bisnis juga mempengaruhi hasil dari pilkada kali ini....jadi,selamat buat gubernur baru kita (..........)

Marte mengatakan...

Walau agak terlambat,kami himpunan mahasiswa Dayak (HIMDAS)di semarang akan tetap mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya gubernur Cornelis dan Wa.Gub Christiandy,silahkan kunjungi blog himdas di http://himdas.blogspot.com atau di http://beriam.blogspot.com