WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Senin, 24 September 2007

USMAN JA'FAR NOMOR URUT PERTAMA DI PEMILU KALBAR


Pontianak, 24/9 (ANTARA) - Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat di Pontianak, Senin, menetapkan nomor urut calon gubernur untuk maju dalam Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur periode 2008-2013.

Nomor urut satu untuk pasangan incumbent Usman Ja'far - Laurentius Herman Kadir, kemudian Oesman Sapta Oedang - Ignatius Lyong, Akil Mochtar - Anselmus Robertus Mecer, dan Cornelis - Christiandi Sanjaya.

Dalam penentuan nomor urut calon yang menggunakan sistem acak itu, setiap pasangan memilih segulung kertas yang terikat di masing-masing kaki dari empat ekor burung merpati.

Pasangan Oesman Sapta - Lyong mendapat kesempatan pertama untuk memilih, diikuti Usman Ja'far-LH Kadir, Akil Mochtar - AR Mecer dan Cornelis-Christiandi.

Setelah mendapat kertas tersebut, keempat burung merpati itu dilepas secara bersamaan oleh seluruh pasangan calon.

Menurut Ketua KPU Kalbar, Aida Mochtar, burung merpati menjadi simbol sosok yang tidak pernah ingkar janji. "Diharapkan setiap figur yang bertarung tidak akan melupakan janji-janjinya ke masyarakat selama bertugas," kata Aida.

Merpati juga menjadi simbol kedamaian sesuai keinginan seluruh elemen di masyarakat Kalbar bahwa Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur.

Setelah penetapan nomor urut calon, tahapan berikutnya adalah masa kampanye yang dijadwalkan berlangsung selama 15 hari mulai 29 Oktober.

Aida Mochtar mengatakan, KPU akan melakukan konsolidasi dengan tim sukses setiap calon untuk menentukan jadwal kampanye. "Dengan rentang waktu 15 hari, perlu pengaturan jadwal yang tepat agar tidak saling berbenturan," katanya.

Pasangan incumbent Usman Ja'far - LH Kadir diusung Koalisi Harmonis yakni gabungan Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PAN (Partai Amanat Nasional), Partai Bintang Reformasi (PBR), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Merdeka. Porsi suara delapan partai pada pemilu legislatif 2004 52, 41 persen.

Oesman Sapta - Ignatius Lyong diusung oleh tujuh partai yang tergabung dalam Koalisi Kalbar Maju Adil Sejahtera (MAS). Tujuh partai itu adalah Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB), Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai Demokrat, PNI Marhaenisme, dan Partai Patriot. Jumlah suara ketujuh partai tersebut dalam Pemilu 2004 adalah 15,45 persen.

Sedangkan Akil - Mecer diusung Koalisi Rakyat Kalbar Bersatu (KRKB) yang terdiri delapan partai yakni Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Pelopor, Partai Syarikat Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI). Porsi suara delapan partai gurem ini 15,08 persen.

Sementara Cornelis - Christiandi Sanjaya diusung oleh PDI Perjuangan dengan porsi suara yang diraih PDI Perjuangan pada Pemilu 2004 17,07 persen. (T011/

Tidak ada komentar: