WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Selasa, 25 September 2007

Provinsi Kalimantan Barat - Ibukota Pontianak

Kalimantan Barat adalah salah satu Propinsi di tanah air tercinta yang sedang berupaya membangun dalam mencapai cita-cita demi kesejahteraan masyarakatnya.

Wilayah ini membentang lurus dari utara ke selatan sepanjang lebih dari 600 km dan sekitar 850 km dari barat ke timur, dengan luas wilayah 146.807 km (7,53 persen dari luas Indonesia atau 1,13 kali luas Pulau Jawa) dan menjadi Propinsi terluas keempat setelah Irian, Kaltim dan Kalteng.

Daerah Kalbar termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki propinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman., walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Walaupun sebagian kecil wilayah Kalbar merupakan perairan laut, akan tetapi Kalbar memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Propinsi Riau, Sumatera.

Penduduk Kalimantan Barat memeluk berbagai agama, seperti Islam, Katholik, Protestan, Budha, Hindu dan penganut Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagian besar penduduk Kalimantan Barat bekerja di sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan perdagangan.

Propinsi Kalimantan Barat dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1956 yang menetapkan wilayah Kalimantan Barat sebagai daerah otonom propinsi dengan ibukotanya di Pontianak dan karena Undang-Undang tersebut berlaku sejak 1 Januari 1957, maka Hari Jadi Propinsi Kalimantan Barat diperingati pada tanggal tersebut. (rakanaika/sept/2007)

1 komentar:

KPU Kalimantan Barat mengatakan...

Wah..keren juga, nih web-blognya.. tapi masih sedikit yaa entry datanya, diperbanyak doong.. Oh wajar saja..ini baru permulaan
yaa..tapi dari tampilan awalannya dah OKS..bgt kok.. Kapan2 saya minta
dibuatkan doong..

Terima Kasih,

Ardi