WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Kamis, 20 September 2007

PEMILU GUBERNUR KALBAR DIIKUTI EMPAT PASANG CALON


Pontianak, 20/9 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat menetapkan empat pasangan calon yang berhak maju dalam Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar periode 2008-2013.

Dalam rapat pleno terbuka tentang penetapan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar di Pontianak, Kamis, empat pasangan yang berhak maju untuk tahapan berikutnya itu diusung oleh partai.

Berdasarkan urutan pendaftaran yakni Akil Mochtar (anggota Komisi III DPR RI) - Anselmus Robertus Mecer (aktivis pemberdayaan ekonomi kerakyatan) diusung delapan partai gurem yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Kalbar Bersatu, Oesman Sapta (pengusaha) - Ignatius Lyong (birokrat) oleh tujuh partai Koalisi Masyarakat Adil Sejahtera.

Kemudian pasangan incumbent Usman Ja'far - Laurentius Herman (LH) Kadir oleh delapan partai, dan Cornelis (Bupati Landak) - Christiandy Sanjaya (Kepala Sekolah SMK Immanuel Pontianak) yang diusung PDI Perjuangan.

Sedangkan pasangan Elman M Syahril dan Suryansyah yang mencalonkan diri dari jalur perseorangan, dinyatakan tidak lolos. Menurut Ketua KPU Kalbar, Aida Mochtar, tidak diakomodirnya calon perseorangan karena mekanisme pendaftarannya belum diatur secara jelas di dalam hukum.

"KPU tidak memiliki dasar untuk melanjutkan proses pendaftaran dari pasangan tersebut. Kalaupun ada gugatan secara hukum, KPU siap," katanya.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPU Kalbar, Nazirin, mengatakan, saat melakukan verifikasi dan klarifikasi, ada sejumlah masukan dari masyarakat mengenai pasangan bakal calon yang sudah mendaftar. Salah satunya mengenai status pendidikan dan surat dukungan dari partai.

"Setelah diklarifikasi, status pendidikan dari semua bakal calon tidak bermasalah. Begitu juga surat dukungan dari partai," katanya.

Ia menambahkan, dengan pertimbangan tersebut, persyaratan tiap pasangan dianggap sudah terpenuhi.

Selanjutnya, KPU akan menetapkan nomor urut dari tiap pasangan untuk persiapan kampanye dan pembuatan surat suara pada Senin (24/9). (T011/

Tidak ada komentar: