WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Senin, 24 September 2007

MAJU DALAM PEMILU GUBERNUR, ASISTEN I PEMPROV KALBAR DIGANTI

Pontianak, 24/9 (ANTARA) - Mahfud Suhendro ditetapkan sebagai Asisten I Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekretaris Daerah Kalbar untuk menggantikan Ignatius Lyong yang maju sebagai calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Oesman Sapta Oedang (OSO).

"Posisi Mahfud sebagai Sekretaris DPRD Kalbar akan digantikan Ibnu Setiawan, Kepala Perwakilan Kalbar di Jakarta," kata Gubernur Kalbar, Usman Ja'far di Pontianak, Senin.

Sedangkan Kepala Perwakilan Kalbar akan ditempati pejabat setingkat Kepala Bagian dilingkup Pemprov Kalbar.

Lyong sendiri menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Asisten I sejak "digandeng" OSO untuk maju sebagai pasangan calon gubernur-wakil gubernur melalui Koalisi Kalbar Maju, Adil dan Sejahtera (MAS), gabungan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB), Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Persatuan Daerah (PPD), Partai Demokrat, PNI Marhaenisme, dan Partai Patriot.

Asisten III Bidang Umum Sekretaris Daerah Kalbar, Kamaruzzaman mengatakan, salah satu pertimbangan percepatan pengganti Lyong karena Kalbar akan menghadapi dua pemilu yakni Gubernur-Wakil Gubernur Kalbar dan Walikota-Wakil Walikota Singkawang.

"Banyak yang harus ditangani Asisten I terkait dengan pelaksanaan pemilu di Kalbar selain masalah-masalah rutin sesuai bidang kerjanya," kata Kamaruzzaman.

Ia menambahkan, mengingat hal tersebut, jabatan Asisten I tidak dapat diserahkan ke pelaksana tugas melainkan pejabat penuh (definitif).

Meski telah mendaftar menjadi calon wakil gubernur, namun status Lyong sebagai pegawai negeri sipil tidak berubah. "Yang bersangkutan telah mengajukan cuti tetapi tetap sebagai PNS," katanya.

Kamaruzzaman tidak menampik kemungkinan Lyong kembali menempati posisi Asisten I seandainya tidak terpilih dalam pemilu mendatang.

"Tetapi akan ada rapat di badan penentuan jabatan untuk membahas statusnya. Kembali ke posisi semula atau menempati jabatan baru sesuai formasi yang dibutuhkan," kata Kamaruzzaman. (T011/

Tidak ada komentar: