WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Sabtu, 04 Agustus 2007

DPRD KALBAR MULAI MENJARING ANGGOTA PANWASDA UNTUK PILKADA

Pontianak, 4/8 (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Barat memulai proses penjaringan Panitia Pengawas Daerah (Panwasda) untuk mengawasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2007 yang dimulai pada 13 Agustus mendatang.
Dalam pengumuman yang disampaikan DPRD Kalbar, Sabtu, disebutkan bahwa pengambilan formulir dan pendaftaran calon anggota Panwasda Kalbar di Sekretariat DPRD Kalbar mulai 6 hingga 10 Agustus pukul 08.00 - 14.00 WIB.
Keanggotaan Panwasda berjumlah lima orang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, perguruan tinggi, pers dan tokoh masyarakat.
Menurut Ketua DPRD Kalbar Zulfadhli, seleksi ditujukan untuk keanggotaan Panwasda dari unsur perguruan tinggi, pers dan tokoh masyarakat.
Secara umum, persyaratan menjadi anggota Panwasda yakni berusia minimal 30 tahun, sehat jasmani rohani, berhak memilih dan dipilih, tidak pernah dihukum penjara karena suatu putusan pidana, dan memiliki pengetahuan dan visi yang jelas tentang partai politik, pemilihan umum dan kemampuan kepemimpinan.
Sedangkan kelengkapan yang harus diserahkan saat pendaftaran diantaranya yakni mengajukan surat lamaran ke DPRD Kalbar, surat rekomendasi dari lembaga yang diwakili calon bersangkutan, surat pernyataan tidak sebagai pengurus partai politik atau tim kampanye/ tim sukses calon dalam pilkada, surat keterangan catatan kepolisia dan surat keterangan tidak sedang menjalani pidana penjara dari pengadilan negeri.
Tahapan Pilkada Kalbar akan dimulai dari disuratinya Gubernur oleh DPRD mengenai masa berakhirnya masa jabatan enam bulan sebelumnya atau 13 Agustus. Waktu pemilihan suara dijadwalkan pada 15 November 2007.
Hingga kini, sejumlah nama sudah menyatakan diri siap maju dalam Pilkada Kalbar untuk menjadi Gubernur periode 2008-2013. Nama-nama tersebut berdasarkan urutan abjad yakni Akil Mochtar (anggota DPR RI), Buchary Abdurrahman (Walikota Pontianak), Cornelis (Bupati Landak), Oesman Sapta (pengusaha) dan Usman Ja'far (incumbent). (T011/

Tidak ada komentar: