WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com

Selasa, 21 Agustus 2007

AKIL MOCHTAR PENDAFTAR PERTAMA BALON PILGUB KALBAR


Pontianak, 21/8 (ANTARA) - Anggota DPR RI, Akil Mochtar dan aktivis pemberdayaan ekonomi kerakyatan, Anselmus Robertus (AR) Mecer, menjadi pasangan yang pertama kali mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, Selasa, sebagai bakal calon (balon) gubernur periode 2008-2013.

Akil - Mecer diusung Koalisi Rakyat Kalbar Bersatu (KRKB) yang terdiri delapan partai yakni Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Penegak Demokrasi Indonesia (PPDI), Partai Pelopor, Partai Syarikat Indonesia (PSI) dan Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI).

KRKB dideklarasikan sejak Sabtu (7/4) di Gedung Olahraga Pangsuma Pontianak. Meski partai pengusungnya tidak mendapat kursi di DPRD Kalbar, namun secara kumulatif KPU menilai telah memenuhi syarat minimal untuk pendaftaran yakni 287.013 suara atau 15 persen.

Delapan partai tersebut mengumpulkan 288.578 suara atau 15,08 persen dari total suara pemilih pada pemilu legislatif 2004.

Hasil seleksi awal itu disambut meriah hampir seribu pendukung Akil - Mecer yang memadati halaman dan ruangan pendaftaran di Kantor KPU Kalbar.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pencalonan KPU Kalbar, Nazirin mengatakan, pasangan balon gubernur akan menjalani tes berikutnya berupa pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (25/8) oleh tim dokter yang telah ditunjuk secara resmi.

"Kalau dianggap tidak layak sesuai rekomendasi tim dokter, koalisi harus mengganti figur yang diusung," kata Nazirin.

Selain pemeriksaan administratif dan kesehatan, Pokja Pencalonan juga akan melakukan verifikasi faktual dengan mengecek langsung ke kediaman balon yang diusung.

Usai pendaftaran, Akil Mochtar yang duduk di Komisi III DPR RI itu mengakui adanya tekanan kuat dari berbagai pihak terhadap KRKB supaya tidak solid. "Dengan pendaftaran ini, kami membuktikan bahwa KRKB tetap solid dan tidak terpecah hingga hari pemungutan suara," kata Akil Mochtar yang tergabung dalam Fraksi Golkar itu.

Salah satu janji Akil - Mecer yakni alokasi 20 persen dari APBD Kalbar untuk pendidikan, peningkatan infrastruktur, program wajib belajar 12 tahun, pengentasan kemiskinan, perbaikan kesehatan masyarakat, serta kredit bergulir untuk pemberdayaan masyarakat.

Mengenai posisinya sebagai kader Golkar yang tidak diusung partainya sendiri, Akil mengatakan telah mengajukan izin ke Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla.

Ia juga telah menyampaikan pemberitahuan kepada DPR sebagai lembaga terhadap keikutsertaannya dalam Pilgub Kalbar yang dijadwalkan berlangsung 15 November 2007.

Pasangan lain yang siap maju berdasarkan urutan abjad Cornelis (Bupati Landak) - Christiandi Sandjaja (tokoh masyarakat Tionghoa), Oesman Sapta (pengusaha) dan Usman Ja'far (incumbent)- LH Kadir (incumbent). (T011/

Tidak ada komentar: